Berburu Musang

CARA MELATIH ANJING UNTUK BERBURU MUSANG DAN CARA BERBURU MUSANG DENGAN BANTUAN ANJING

Anjing merupakan salah satu binatang yang memiliki kecepatan dan penciuman yang luar biasa, sehingga anjing terkenal sebagai pemburu hebat. Tak heran jika binatang yang satu ini sering diikutsertakan atau menjadi partner para pemburu dalam kegiatan berburunya guna membantu mengetahui lokasi keberadaan binatang buruan dan salah satu contohnya adalah anjing sering di gunakan untuk berburu babi.

musang-galak

Selain dapat digunakan untuk berburu babi, ternyata anjing juga dapat membantu kita untuk menangkap musang maupun biawak. Untuk lebih memaksimalkan hasil buruan maka biasanya para pemburu sengaja merawat anjing lalu melatihnya untuk berburu hewan sasaran yang diinginkannya. Kali ini saya akan membahas tentang cara melatih anjing agar anjing tersebut dapat membantu kita dalam berburu musang dan cara berburunya juga. Sebelum ke poinnya, alangkah lebih baik jika kita mengetahui klasifikasi ilmiah dari si anjing terlebih dahulu, yaitu :

Klasifikasi Ilmiah Anjing adapun klasifikasi ilmiah dari anjing adalah sebagai berikut :

  • Kerajaan               : Animalia
  • Upakerajaan        : Eumetoza
  • Filum                     : Chordota
  • Upafilum              : Vertebrata
  • Kelas                     : Mammalia
  • Upakelas              : Theria
  • Ordo                      : Carnivora
  • Upaordo               : Caniformia
  • Famili                   : Canidae
  • Upafamili             : Caninae
  • Genus                   : Canis
  • Spesies                 : C. lupus
  • Upaspesies          : Canis lupus familiaris dan Canis lu dingo

Cara Melatih Anjing Berburu Musang

Anjing merupakan binatang social seperti manusia. Kedekatan pola perilaku anjing dengan manusia menjadikan anjing bisa dilatih, diajak bermain, tinggal bersama manusia, dan diajak bersosialisasi dengan manusia maupun anjing yang lain. Dan yang paling unik dari anjing adalah sikap anjing yang setia dan suka mengabdi kepada sang pemiliknya, sehingga menjadikan sebagian besar masyarakat gemar memeliharanya. Selain setia, anjing juga merupakan binatang yang pintar dimana tingkat kecerdasan anjing bergantung pada ras dan masing – masing anjing secara individu.

German Shepherd laying on the green grass

Sebagian besar anjing memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan serigala. Anjing adalah hewan pemangsa dan hewan pemakan bangkai, memiliki gigi tajam dan rahang yang kuat untuk menyerang, menggigit, dan mencabik – cabik makanan. Anjing memiliki otot yang kuat, tulang pergelangan kaki yang bersatu dan system kardiovaskulernya kuat sehingga mendukung ketahanan fisik serta kecepatan berlari. Bahkan anjing memiliki indera pendengaran dan indera penciuman yang tajam sehingga lebih mudah dalam melacak keberadaan sesuatu. Lalu bagaimana cara melatih anjing untuk berburu musang? Berikut cara – caranya :

1. Mempersiapkan anjing

Langkah pertama yang kita lakukan adalah mempersiapkan anjing yang akan kita latih untuk berburu. Jumlah anjing yang ideal adalah 2 ekor, namun apabila kita hanya memiliki 1 ekor juga tidak masalah karena 1 ekor sudah cukup.

2. Memberi makan

Dalam melatih anjing untuk berburu, kita tidak perlu latihan khusus. Yang perlu kita lakukan adalah memberi makan anjing dengan hewan buruan yang ingin kita buru. Misalnya saja disini kita ingin melatih anjing untuk berburu musang, berarti kita harus memburu musang terlebih dahulu lalu memberi makan anjing dengan musang buruan kita dimana musang yang diberikan harus sudah dalam kondisi masak alias bukan daging mentah.

3. Mengenalkan musang

Selain memberi makan anjing dengan musang, kita juga harus mengenalkan musang kepada anjing dimana musang akan menjadi target yang harus dikejar anjing. Bagaimana cara mengenalkannya? Jadi sebelum kita memasak musang hasil buruan kita sebelumnya, tunjukkanlah musang tersebut dan biarkan anjing mencium bau musang sehingga si anjing akan mengingat bau mangsa yang harus dia kejar saat kita berburu nanti.

4. Mengajak anjing berburu

Jika kita telah melakukan langkah – langkah diatas sebanyak dua atau tiga kali, sekarang saatnya kita mencobanya langsung dengan mengajak anjing dalam kegiatan berburu. Karena kepandaian patner kita tersebut akan semakin jago setelah anjing itu ikut praktek berburu satu atau dua kali, dan semakin banyak anjing mencoba atau praktek maka kemahirannya dalam berburu pun akan otomatis semakin meningkat.

Cara Berburu Musang dengan Bantuan Anjing

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menangkap musang, diantaranya adalah dengan menggunakan jebakan, pancingan, senapan, dan juga anjing. Jika biasanya kita berburu musang pada malam hari, maka jika kita menggunakan anjing pemburu perburuan musang lebih baik kita lakukan perburuan pada siang hari, caranya adalah sebagai berikut:

1. Mengajak anjing ke lokasi persembunyian musang

lokasi-musang

Mari kita ajak anjing perburuan kita ke lokasi – lokasi yang memungkinkan ditempati oleh musang. Lokasi yang biasa digunakan musang untuk peristirahatan adalah di rumpun bambu yang lebat. Jika anjing kita tiba – tiba menggonggong terus menerus di sekitar rumpun bambu yang kita prediksi sebagai tempat tinggal musang maka berarti di dalam rumpun bambu tersebut terdapat musang yang bersarang atau tidur didalamnya.

2. Mengeluarkan musang

Setelah kita mengetahui dimana sarang musang, langkah selanjutnya adalah mengeluarkan musang dari tempat sarangnya. Untuk mengeluarkan musang tersebut cukup mudah, cukup dengan mencari galah yang agak kuat kemudian sodok – sodok bagian bawah rumpun bambu. Lakukanlah secara terus – menerus hingga si musang keluar, semakin besar rumpun bambu biasanya semakin susah dalam mengeluarkannya.

3. Menangkap musang

membidik-musang

Setelah beberapa saat kemudian, si musang akan segera lari keluar karena mendengar suara anjing dan kegaduhan di sarangnya. Jika musang lari dengan naik ke atas bambu maka kita harus membidik musang tersebut, namun jika musang tersebut lari melalui darat maka anjing kita akan otomatis mengejar dan menangkap musang tersebut. Dalam kasus yang sering terjadi jika musang lari melalui darat maka kemungkinan besar akan tertangkap, karena musang kalah cepat dengan anjing.

Leave a comment